Gelombang Perairan Bangka Belitung Masih Tinggi

Pangkalpinang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memperkirakan kondisi gelombang di perairan Bangka Belitung (Babel) dalam beberapa hari ke depan masih tinggi.

“Tingginya gelombang di perairan itu masih dipengaruhi angin yang kencang dan cenderung searah berdampak pada naiknya gelombang,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Kamis (20/11/2014).

Ia mengatakan ketinggian gelombang laut ini masih berpeluang mencapai tiga meter dengan kecepatan angin hingga 35 kilometer per jam dari timur menuju selatan. “Ketinggian gelombang ini berpeluang terjadi di Selat Karimata dan di Perairan utara Pulau Bangka Belitung,” katanya.

Pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini bagi pengguna jasa laut untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dengan kemungkinan datangnya gelombang laut yang lebih tinggi. “Kita mengimbau kepada pengguna jasa laut terutama bagi nelayan tradisional untuk mewaspadai kondisi gelombang ini karena bisa membahayakan keselamatan,” ujarnya.

Sementara tinggi gelombang maksimum di perairan Babel lainnya yakni Selatan Bangka dan Selat Gelasa mencapai 2,5 meter dengan kecepatan angin berkisar antara 13 hingga 34 kilometer per jam.

“Sedangkan ketinggian gelombang di Selat Bangka berkisar antara satu hingga 1,5 meter dengan kecepatan angin berkisar antara delapan hingga 30 kilometer per jam,” ujarnya.

Ia menambahkan berdasarkan pantauan satelit cuaca sebagian daratan Babel masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan. “Peluang hujan diprakirakan akan terjadi di Kabupaten Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Sementara dua kabupaten lainnya yakni Kabupaten Bangka dan Bangka Barat diprakirakan hanya berawan namun tidak berpotensi turunnya hujan. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

six + 9 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password