Penyempitan Hilir Sungai Penyebab Banjir Solsel

Padang Aro – Musibah banjir bandang melanda Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar) Rabu malam (191/11/2014), karena terjadi penyempitan di hilir sungai.

“Hujan lebat di Solok Selatan dan adanya penyempitan di hilir Sungai Batang Pangean menyebabkan sungai tak mampu menampung debet air sehingga meluap dan membanjiri rumah warga,” katanya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), saat dihubungi di Padang Aro, Solsel, Kamis (20/11/2014) sebagaimana dilaporkan Antara dilansir covesia.

Penyempitan tersebut, sebutnya, akibat dimanfaatkannya kawasan pinggiran sungai untuk menanam kelapa sawit mengingatkan sungai itu berada di perkebunan kelapa sawit.

Dalam upaya menanggulangi dan mengantisipasi terjadinya banjir berulang, katanya, BPBD akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat untuk melakukan normalisasi sungai.

“Salah satu solusinya adalah normalisasi sungai. BPBD akan berkoordinasi dengan Dinas PU untuk normalisasi itu karena kewenangan ada di PU,” katanya. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

19 − eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password