Prakter Illegal Logging Perparah Banjir Solsel

Padang Aro – Praktek illegal logging ditengarai juga menyebabkan terjadinya banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, Rabu malam (19/11/2014). Untuk itu, menurut Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Armensyah Johan dalam upaya menanggulangi agar banjir tidak terjadi kembali di Sei Kunyit, Solsel, pemerintah setempat serta penegak hukum harus memberantas penebangan liar di daerah tersebut.

“Hutan di daerah itu terus menyusut membuat daerah resapan air berkurang. Ini salah satu kenapa banjir hampir setiap tahun terjadi di Sei Kunyit,” katanya sebagaimana dilaporkan Antara dilansir covesia.

Selain itu, tambahnya, pihaknya meminta agar pemerintah setempat meninjau lagi izin perusahaan perkebunan yang berada di daerah tersebut. Ia mendorong pemerintah daerah untuk menganggarkan normalisasi Sungai Batang Pangean pada tahun anggaran 2015.

Banjir bercampur lumpur yang melanda dua jorong di Nagari Sei Kunyit, Kecamatan Sangir Batang Hari, yakni Jorong Pasar dan Taratak serta perumahan karyawan PTPN 6, menyebabkan sekitar 150 rumah warga terendam hingga setinggi tiga meter.

Banjir tersebut memaksa 821 warga dari 148 kepala keluarga diungsikan. Banjir yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir tersebut. BPBD Solok Selatan juga mencatat tidak ada rumah warga yang rusak berat maupun ringan. Jumlah kerugian materil masih dalam pendataan. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

four × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password