PDAM Pasok Air Bersih untuk Korban Banjir

Padang – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), memasok air bersih untuk korban banjir di Nagari Sei Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

“Karena di lokasi banjir tidak ada jaringan PDAM, maka kami memasok dari Lubuak gadang Kecamatan Sangir sebanyak satu tangki dengan kapasitas 4.000 liter,” kata Direktur PDAM Solok Selatan, Taufig di Padang Aro, Kamis (20/11/2014).

Dia menyebutkan pasokan air tersebut sudah dikirim sejak Kamis pagi, namun karena ada peningkatan akses jalan provinsi di Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan menyebabkan mobil terlambat sampai di lokasi.

“Satu unit mobil tangki berkapasitas 4.000 liter tersebut kami siagakan di lokasi banjir untuk memenuhi kebutuhan warga yang kesulitan air bersih,” jelasnya.

Jika pasokan air 4.000 liter tersebut masih kurang, imbuhnya, maka PDAM akan mencari sumber air yang layak dan terdekat dengan lokasi supaya pengiriman untuk warga bisa cepat. Untuk saat ini jaringan PDAM yang terdekat dari lokasi banjir berada di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Camat Sangir Balai Janggo, Muslim mengatakan, sekarang warga korban banjir memang sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan mereka.

“Semua sumber mata air yang dimiliki warga berupa sumur tidak bisa di manfaatkan karena keruh dan bercampur lumpur akibat banjir yang terjadi pada Rabu (19/11) malam,” ujarnya. (Baca : Banjir Bandang di Solok Selatan, 821 Warga Mengungsi)

Ia menambahkan warga korban banjir sangat membutuhkan air bersih sebab mereka sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. “Warga sudah mulai membersihkan rumah mereka dari lumpur yang tergenang di dalam rumah, tetapi mereka saat ini membutuhkan air bersih,” jelasnya.

Dia berharap pihak terkait bisa mengirimkan air bersih secepat mungkin sehingga bisa di manfaatkan secepatnya oleh warga. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

14 − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password