Presidium KMP Pusat Kukuhkan KMP DIY

Yogyakarta – Presidium Koalisi Merah Putih (KMP) Pusat mengukuhkan tujuh partai politik sebagai koalisi permanen KMP Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuh parpol tersebut yakni DPD Partai Gerindra DIY, DPW PPP DIY, DPD Partai Demokrat DIY, DPD PBB DIY, DPD Golkar DIY, DPW PKS DIY, dan DPW PAN DIY.

Pengukuhan itu dihadiri oleh tokoh-tokoh KMP seperti Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Suryadharma Ali, Amien Rais, Akbar Tandjung, Djan Faridz, serta jajaran pimpinan KMP lainnya. “Kami ucapkan selamat dan dukungan lahir batin untuk KMP DIY,” kata Prabowo Subiyanto.

Prabowo mengingatkan seluruh anggota parpol yang tergabung dalam KMP DIY harus saling menghormati dan saling mendukung satu sama lain. Ia juga meminta agar seluruh anggota KMP tetap mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo, meskipun tetap kritis.

“Kita mendukung bukan asal mendukung, kalau ada kebijakan yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika, kita harus kritis,” kata dia.

Ketua Presidium KMP Pusat Aburizal Bakrie dalam kesempatan itu berpesan agar antaranggota KMP khususnya yang ada di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota di DIY tidak saling mengutamakan ego pribadi, melainkan bahu-membahu memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

“Contohlah kami di pusat, segala perbedaan kami selesaikan dengan musyawarah antarpimpinan KMP. Hanya dengan begitu KMP bisa besar,” kata Ketua Umum Partai Golkar itu.

Sementara itu, mantan Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali mengapresiasi pembentukan KMP di DIY, sebab melibatkan masyarakat luas, bukan hanya antarelit parpol di daerah itu. “Ini berarti koalisi yang hakiki, yang sesungguhnya. Bukan koalisi antarpartai politik, tapi koalisi antara partai politik dengan rakyat,” kata dia.

Acara pengukuhan ditandai dengan penandatanganan piagam deklarasi KMP DIY oleh seluruh ketua parpol yang tergabung dalam KMP DIY. Piagam deklarasi tersebut selanjutnya diserahkan kepada Ketua Presidium KMP Pusat Aburizal Bakrie. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

nine + 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password