Gubernur Rano Karno Diminta Evaluasi Kinerja ULP

Serang – Pelaksana tugas gubernur Banten, Rano Karno diminta untuk bisa mengevaluasi kinerja Unit Pelayanan Pengadaan (ULP). Hal itu terkait dengan banyaknya gagal lelang atas proyek di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di daerah tersebut.

“Kami meminta gubernur mengevaluasi kinerja ULP karena banyak paket proyek gagal tender di unit tersebut,” kata Anggota DPRD Provinsi Banten, Najib Hamas di Serang, Kamis (20/11/2014).

Anggota DPRD dari daerah pemilihan Kabupaten Serang itu mengaku heran. “Dengan gagal lelang dan proyek tidak dilanjutkan, efeknya sangat terasa, karena banyak dana APBD tidak terserap dan menghambat percepatan pembangunan,” katanya.

Kegagalan pelaksanaan proyek itu, kata dia, merugikan masyarakat karena berbagai fasilitas yang seharusnya bisa dirasakan warga tidak jadi dibangun. “Sayang juga kalau ada proyek yang tidak bisa dilaksanakan. Penundaan pelaksanaan proyek bisa diterima kalau alasannya tepat,” katanya.

Sebagai contoh, katanya, puluhan proyek di Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) tidak bisa dilaksanakan karena berbagai sebab sehingga akan menjadi bagian dari sisa lebih perhitungan anggaran (silpa). Sebanyak 41 proyek fisik program 2014 senilai Rp68,84 miliar di Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) Banten tidak dapat dikerjakan.

Kepala DSDAP Provinsi Banten Iing Suwargi menyatakan penyebab proyek tidak bisa dilaksanakan karena gagal lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP), ada kontrak tidak bisa dilanjutkan serta ada beberapa paket dievaluasi pemenangnya, dan tidak dilakukan kontrak karena waktunya tidak mencukupi.

“Kalau kita paksakan paket-paket yang waktunya tidak memungkinkan, maka hasilnya tidak akan terkejar,” katanya.

Meski proyek tersebut tidak bisa dikerjakan tahun ini, kata dia, namun masih bisa dilaksanakan pada 2015. “Kami akan geser itu di tahun depan, dan mudah-mudahan dengan waktu panjang hasilnya kan maksimal. Pokoknya kami kerja keras,” ujarnya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

18 − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password