2015, Susi Air Buka Rute Penerbangan Pasaman Barat- Pekanbaru

Pasaman Barat – Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mendapat dana subsidi Rp 2 miliar untuk angkutan pesawat perintis 2015. Artinya penerbangan domestik pesawat Susi Air tahun 2015 tetap dilanjutkan.

“Ya benar, kita mendapat subsidi dari dana APBN 2015 Rp 2 miliar lebih yang disahkan pada 17 Agustus 2014 lalu di DPR RI. Namun kita masih kwatir akan terjadi perubahan anggaran pada kabinet presiden baru sekarang,” kata Kepala Dinas

Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Bobby P. Riza, S.STP, M.Si ketika dikonfirmasi covesia.com, Kamis (20/11-2014).

Dana subsidi itu dipergunakan untuk penerbangan rute Pasaman Barat-Padang begitu juga sebaliknya. Harga tiket masih tetap Rp300 ribu perorang. Di Bandara Pusako Anak Nagari (PAN) Laban tetap melayani penumpang dengan pesawat Susi Air tiga kali seminggu selama tahun 2015.

Kemudian, pemerintah tahun 2015 berencana akan membuka rute penerbangan Pasaman Barat-Pekan Baru (Riau). Pemerintah mencoba mengajukan dana Rp2 miliar ke DPRD Pasaman Barat untuk dana subdisi, sehingga masyarakat tidak terlalu diberatkan untuk membeli tiket.

Ketika ditanya, bagaimana jumlah penumpang selama bandara PAN beroperasional, Menurut Bobby, dari data kemaren 30 kali penerbangan, jumlah penumpang 40 persen dari target 8 orang penumpang dalam sekali penerbangan.

“Kontrak kita 96 kali penerbangan dengan Susi Air. Nanti menjelang akhir bulan bisa kita perbanyak penerbangan,” katanya.

Kemudian, kalau soal kelayakan bandara, bandara PAN Laban sudah layak dengan panjang landasan 800 meter, lebar 18 meter. Kedepan akan dilakukan pelebaran, butuh 6 meter lagi, supaya nanti bisa pesawat hercules mendarat. (man/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

thirteen − 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password