Polresta Medan Gagalkan Pengiriman 4,9 Kg Sabu

Medan – Satuan Reserse Narkoba Polresta Medan menggagalkan pengiriman seberat 4,9 kilogram narkoba jenis sabu-sabu senilai Rp5 miliar yang dikemas dalam makanan impor.

Kapolresta Medan, Kombes Pol Nico Afinta Karokaro saat di kediaman tersangka bernisial H (42) warga Jalan Garu I, Medan Amplas, Kamis (20/11/2014) mengatakan, barang bukti sabu tersebut asal Malaysia dan dikirimkan ke Kutacane, Aceh.

Barang narkoba itu, menurut dia, dalam kemasan cukup rapi yang bertuliskan aksara Tiongkok. “Sabu seberat 4,9 kg itu, dikirimkan oleh Ali DPO (Daftar Pencarian Orang) ke Kutacane,” ujarnya.

Nico menyebutkan, pengungkapan seberat 4,9 kg sabu, berawal ditemukannya 0,18 gram dari tersangka A (45) dan SN (33). Kemudian pegembangan hasil penyidikan ditemukan lagi seberat 500 gram sabu dari tersangka inisial KAL (40).

“Ternyata 500 gram sabu ini dibawa oleh tersangka H yang merupakan perantara transaksi antara KAL dan Ali,” kata Kombes Nico.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, pengungkapan pertama, Kamis (14/11) pukul 11.00 WIB di Jalan Prof HM Yamin Lorong Sado Kelurahan Sei Kera Hilir, Medan Perjuangan. Kemudian di Jalan Perjuangan Desa Lau Dendang Lorong Kenari Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang.

Dari kedua lokasi ini petugas hanya menyita 0,18 gram sabu dan uang kontan senilai Rp61 juta dari dua tersangka berinisial A (45) dan SN (33). Setelah diperiksa ternyata uang senilai Rp61 juta tersebut adalah hasil dari penjualan sabu.

Dari keterangan A dan SN petugas meringkus tersangka berinisial KAL (40), di Jalan Perjuangan Desa Lau Dendang, Percut Seituan. Hasil pemeriksaan terhadap tersangka KAL uang Rp61 juta memang hasil penjualan barang haram tersebut.

Kepada petugas KAL mengaku memesan 500 gram sabu dari tersangka Ali yang kini masih buron Polresta Medan. Atas suruhan Ali barang haram 500 gram itu diantarkan oleh tersangka berinisial H (42) kepada KAL. Kemudian H juga tak luput dari sergapan petugas.

Tersangka H diringkus aparat kepolisian di kediamannya di Jalan Garu I Lorong Semangka, Kelurahan Harjosari, Medan Amplas, Rabu (19/11) malam dan ditemukan seberat 4,4 kilogram sabu terbungkus rapi dalam delapan kemasan plastik. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

17 − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password