224 Kasus Sengketa Masuk ke Komisi Informasi

Jakarta – Hingga bulan November 2014, Sebanyak 224 kasus sengketa informasi masuk ke Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, baru dua yang masuk dalam proses persidangan.

“Masih banyak ‘hutang’ kasus yang belum tertangani di tahun 2013. Sisa kasus yang belum ditangani tahun lalu mencapai 185 sengketa dari 458 kasus yang dilaporkan ke Komisi Informasi,” kata Wakil Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta, Siti Mariam di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

“Prosesnya agak lama, karena sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2013, sengketa informasi lebih condong diselesaikan melalui persidangan,” ujarnya.

Namun, dia melanjutkan, sebuah kasus bisa didahulukan penyelesaiannya jika bisa menimbulkan kerugian yang cukup signifikan kepada pihak yang sedang bersengketa. Salah satu contoh kasus yang berdampak cukup signifikan adalah yang menyangkut persoalan tanah seperti informasi terkait kronologis perpindahan kepemilikan tanah.

“Selain itu juga banyak sengketa tentang informasi mengenai tanah yang tidak dilengkapi sertifikat atau tanah garapan namun didiami pihak tertentu oleh pihak yang mengaku sebagai pemilik sah,” katanya.

Komisi Informasi sendiri, termasuk di tingkat provinsi, memiliki hak untuk mengadili sengketa informasi yang diatur dalam Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2013. Pasal 6 ayat 2 mengatakan Komisi Informasi Provinsi berwenang menyelesaikan Sengketa Informasi Publik yang menyangkut Badan Publik tingkat provinsi.

Sementara pasal 1 ayat 7 peraturan tersebut menyebutkan, “Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang selanjutnya disebut Permohonan adalah upaya penyelesaian sengketa yang diajukan oleh Pemohon Penyelesaian Sengketa Informasi Publik kepada Komisi Informasi sesuai dengan Peraturan ini”.

Sengketa informasi yang tidak dapat ditangani di Komisi Informasi akan diselesaikan di tingkat banding Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan selanjutnya kasasi di Mahkamah Agung (MA). (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

five × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password