Pemerintah Naikkan BBM, Pertamina Harus Ambil Alih Blok Mahakam

Jakarta – PT Pertamina harus mengambilalih blok Migas Mahakam dari Total E&P Indonesia (Perancis) dan Inpex Corporation (Jepang) untuk menambah produksi minyak nasional dan cadangan minyak nasional, setelah pemerintah menaikkan harga BBM belakangan ini.

“Setelah pemerintah menaikkan harga BBM maka selanjutnya pemerintah harus segera mengalihkan penguasaan blok Mahakam kepada Pertamina. Blok Mahakam yang telah dikuasai dan dieksploitasi oleh Total E&P dan Inpex Corporation selama 50 tahun. Dan akan berakhir tahun 2017,” kata ketua umum AK3S (Asosiasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama) Tri Haryadi, di Jakarta, Jumat.

Mengapa harus diserahkan ke Pertamina walaupun Total E&P telah mengajukan permohonan perpanjangan ? Ketua AK3S Tri menjelaskan, dengan Pertamina menguasai blok Mahakam maka produksi minyak nasional akan meningkat. Otomatis pendapatan Migas juga akan naik. Selain itu, cadangan minyak nasional juga akan naik.

“Hal itu akan sangat membantu keuangan negara untuk meningkatkan ekspor Migas dan pendapatan devisa dari Migas karena cadangan dan produksinya sudah sangat jelas. Pendapatan itu akan sangat berguna bagi pemerintah untuk dana pendidikan dan kesehatan yang gratis dan murah, serta pembangunan infrastruktur termasuk membangun poros maritim dunia,” tambah Tri. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

11 + six =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password