Penghasilan Rp3 Juta/Bulan Akan Bebas Pajak

Covesia.com – Kementerian Keuangan segera merevisi Peraturan Menteri Keuangan tentang batas Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP sehingga penghasilan wajib pajak sebesar Rp36 juta per tahun, atau Rp3 juta per bulan, tidak terkena pajak.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, menyampaikan hal tersebut setelah usulan kenaikan batas PTKP menjadi Rp36 juta per tahun dari Rp24 juta per tahun disetujui Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Kamis.

Menkeu menargetkan kenaikan batas PTKP itu mulai berlaku pada 1 Juli 2015. Dalam revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 162/PMK.011/2012 tentang Penyesuaian Besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak itu, Kemenkeu juga menaikkan batas PTKP wajib pajak tergantung statusnya.

“Ini akan memberikan dampak ekonomi dengan peningkatan daya beli masyarakat. Tentunya kami melihat sisi keadilan juga karena Upah Minimum Regional sudah naik,” kata Bambang.

Secara agregat, kenaikan besaran batas PTKP dibanding sebelumnya adalah 48 persen. Bambang menuturkan pertimbangan kenaikan batas PTKP sebesar 48 persen karena kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sejak 2013 hingga 2015 mencapai 31 persen.

Secara keseluruhan, revisi PMK itu akan turut mengubah batas PTKP untuk wajib pajak yang sudah menikah dan tanpa tanggungan menjadi Rp72 juta. Kemudian, wajib pajak yang menikah dengan tanggungan satu anak menjadi Rp75 juta.

Wajib pajak yang menikah dengan tanggungan dua anak menjadi Rp78 juta, dan wajib pajak yang menikah dengan tanggungan tiga anak menjadi Rp81 juta.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Sigit Priadi Pramudito mengakui penerimaan pajak memang akan berkurang karena kebijakan ini. “Tapi tidak masalah. Kita ini bersedekah sekitar Rp11 triliun. Masyarakat dapat keringanan pajak, tidak apa-apa,” kata dia.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

1 × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password