Banjir di Riau, 553 Hektare Sawah Rusak

Pekanbaru – 553 Hektare tanaman padi rusak akibat banjir yang melanda sejumlah Kecamatan di Rokan Hulu, Riau, Pekanbaru dalam kurun waktu sepakn terakhir.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Rokan Hulu, Mubrizal, Jumat, (21/11/2014), menyatakan, areal sawah yang rusak umumnya berada di tepi aliran sungai. Sehingga dengan meluapnya air sungai maka tanaman padi yang sudah ditanam petani ikut terendam banjir.

” Luas tanaman padi yang terendam sekira 553 hektar. Tanaman Padi yang terendam banjir rata-rata umur tanam 30-60 hari,” katanya kepada goriau seperti yang dilansir covesia, Jumat (21/11/2014).

Menurutnya, berdasarkan laporan Petugas PHP ke Dinas TPH Rokan Hulu, tanaman padi sawah dan Padi gogo yang terkena banjir di sejumlah kecamatan tersebut, belum di laporkan gagal panen atau Puso. Karena tanaman padi milik petani itu masih dalam kapasitas terendam banjir.

”Jika terjadi gagal panen atau puso akibat musibah banjir, kita akan laporkan ke Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau serta mengusulkan untuk penggantian tanaman padi yang baru,” pungkasnya. (ram/ary)

0 Comments

Leave a Comment

ten + eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password