Resolusi PBB, Korea Utara Akan Dibawa ke Mahkamah Internasional

Amerika Serikat – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyetujui resolusi bersejarah yang mengutuk pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara dan memberikan dasar untuk menempatkan rezim Pyongyang atas kejahatan kemanusiaan.

Sebuah resolusi yang meminta Dewan Keamanan untuk merujuk Korea Utara ke Mahkamah Kejahatan Internasional dengan perolehan suara 111 melawan 19 suara dengan lima suara abstain pada sidang umum komite kemanusiaan PBB.

Menanggapi keputusan tersebut Korea Utara dengan marah dan mengumumkan untuk memutus pembicaraan tentang peningkatan hak asasi manusia dengan Uni Eropa, yang menyusun resolusi dengan Jepang.

Langkah yang tidak mengikat tersebut akan disampaikan ke dalam pemungutan suara bulan depan.

Namun yang menjadi pertanyaan apakah Dewan Keamanan PBB akan menindaklanjuti resolusi dan berusaha untuk merujuk Korea Utara ke ICC beserta Tiongkok yang menjadi sekutu utama Pyongyang dan Rusia yang secara luas mungkin akan menentang langkah tersebut.

Tiongkok dan Rusia telah menentang resolusi bersama dengan Kuba, Iran, Suriah, Belarus, Venezuela, Uzbekistan dan Sudan, yang menyatakan bahwa langkah tersebut mentargetkan Korea Utara dengan tidak adil. (lif)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password