OJK Terbitkan 20 Peraturan Baru Industri Keuangan

Ambon – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan 20 peraturan baru industri keuangan yang diimplementasikan di seluruh daerah.

“20 peraturan baru tersebut terbagi atas tiga sektor jasa keuangan, yakni enam POJK di bidang perbankan, tujuh di bidang pasar modal dan tujuh di bidang industri keuangan non bank (IKNB),” kataKepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Laksono Dwionggo, di Ambon, Sabtu (21/11/2014).

Menurut dia, seluruh peraturan merupakan kebijakan bertujuan untuk menata kembali struktur pengawasan sektor jasa keuangan, pendalaman pasar keuangan, dan perluasan akses produk dan jasa keuangan.

Dia mengatakan, penguatan struktur dan peningkatan peran sektor jasa keuangan ini tidak dapat dilakukan secara parsial. Maka atas dasar itu, OJK tengah menyusun suatu cetak biru pengembangan sektor jasa keuangan yang akan diarahkan untuk mencapai tiga sasaran utama.

Pertama, mengoptimalkan peran sektor jasa keuangan dalam mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Kedua, menjaga stabilitas sistem keuangan sebagai landasan bagi pembangunan yang berkelanjutan, dan ketiga, mewujudkan kemandirian financial masyarakat serta mendukung upaya peningkatan pemerataan dalam pembangunan.

“Ketiga sasaran tersebut akan dicapai dengan menekankan pada empat strategi pengembangan,” kata Laksono.

Lebih lanjut, ia mengatakan, ketiga strategi tersebut adalah penguatan aspek pengaturan dan pengawasan secara menyeluruh dengan penekanan pada pendekatan berbasis risiko dan peningkatan kapasitas kelembagaan dan daya saing industri untuk menunjang stabilitas sistem keuangan.

“Penguatan dan pengembangan pasar dan industri jasa keuangan dalam rangka pendalaman pasar dan perluasan akses atas produk dan jasa layanan keuangan melalui perluasan jalur distribusi dan sinergi antarsektor di industri jasa keuangan,” ujarnya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

seven − one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password