Tebing Gunung Longsor, Takengon-Gayo Lues Lumpuh

Banda Aceh – Hujan deras, sejak Jumat malam (21/11/2014) menyebabkan terjadinya longsor di tebing gunung dan menutupi jalan di Jalur Mesin dan Ise-Ise, NAD. Longsor menyebabkan arus transportasi Takengon (Aceh Tengah) dan Blang Kejeren (Gayo Lues) lumpuh.

Konsultan pengawas pekerjaan Jalan Takengon-Blang Kejeren, Tarbian yang dihubungi dari Banda Aceh, Sabtu (22/11/2014), menjelaskan longsoran tebing yang menimbun badan jalan itu akibat hujan deras pada Jumat malam.

“Pantauan kami, longsoran itu terjadi pada pagi hari, dan material tanah dan batu gung menutupi sejulah titik ruas jalan ini,” katanya menjelaskan.

Akibat tertutupnya badan jalan itu mengakibatkan puluhan unit mobil dan sepeda motor dari dua arah tertahan di kilometer 90 dari Takengon.

“Petugas kami terus berupaya menyingkirkan material yang menutupi badan jalan ini,” kata dia menambahkan.

Alat berat telah dikerahkan dan hingga saat ini petugas telah berhasil menyingkirkan material longsor di dua titik. Satu titik lagi dipastikan bisa segera disingkirkan dengan harapan transportasi bisa normal kembali.

Sementara, sejumlah jurnalis yang berencana meliput atraksi Tari Saman massal yang melibatkan 5.005 penari di Blang Kejeren itu pada Senin (24/11), sempat tertahan di lokasi longsoran yang menutupi badan jalan tersebut. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password