Waspada, 8 Kecamatan di Agam Berstatus Siaga 1

Agam – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menetapkan status siaga satu bencana banjir dan longsor di 8 kecamatan, menyusul tingginya intensitas curah hujan melanda wilayah itu saat ini.

Hal ini dikatakan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito pada covesia Sabtu (22/11/2014), menurutnya, delapan kecamatan yang siaga satu yakni, Kecamatan Palembayan dengan potensi bencana longsor, Kecamatan Ampek Nagari berpotensi banjir dan longsor.

Selanjutnya, Kecamatan Tanjung Mutiara berpotensi banjir, Kecamatan Lubukbasung berpotensi banjir, Kecamatan Tanjung Raya berpotensi banjir dan longsor.
Sementara Kecamatan Matur berpotensi longsor, Kecamatan Malalak berpotensi longsor dan Kecamatan Palupuh berpotensi longsor.

“Penetapan status siaga satu ini setelah adanya informasi yang kita peroleh dari Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat dan BMKG Kota Padang, bahwa puncak hujan dengan intensitas tinggi akan mengguyur wilayah Sumbar terjadi pada Desember 2014 hingga awal Januari 2015,” ungkap Bambang .

Menyusul status siaga satu ini, BPBD Kabupaten Agam juga telah menyiapkan anggota Satgas, Kelompok Siaga Bencana (KSB), Komunitas Wartawan Siaga Bencana (KWSB), instansi terkait, alat berat dan lainnya.
“Kita juga membentuk pos pantau di delapan kecamatan dan kita setiap saat melakukan koordinasi dengan camat setempat,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh warga yang tinggal di daerah rawan bencana, agar meningkatkan kewaspadaan dengan cara berlindung di lokasi yang lebih aman saat curah hujan tinggi seperti saat ini.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

ten + 16 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password