Pesisir Selatan Terima Dana Desa Rp36 Miliar

Painan – Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menerima alokasi dana desa sebanyak Rp36 milliar dari Pemerintah Pusat pada tahun 2015.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Painan, Senin (24/11/2014), mengatakan dana tersebut akan dibagikan kepada sebanyak 182 nagari (desa adat) yang ada di kabupaten itu, mulai awal tahun 2015.

Besaran dana tersebut yang bakal diterima masing-masing nagari tidak sama antara satu dengan lainnya atau bervariasi. Sesuai dengan total jumlah penduduk, luas wilayah dan topografi daerah pada masing-masing nagari.

“Dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat untuk Pesisir Selatan pada tahun 2015 meningkat hingga seratus persen dari tahun sebelumnya (2014). Kami berharap, dana itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk pembangunan nagari, ” katanya.

Bersamaan dengan dana tersebut, maka total dana yang akan diterima seluruh nagari di kabupaten itu pada tahun 2015 baik yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten setempat mencapai Rp78,5 milliar.

Rincian dana tersebut, yakni dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp36 milliar, Dana Alokasi Umum Nagari (DAUN) sebanyak Rp38 milliar dan dana stimulus nagari sebanyak Rp4,5 milliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Nagari Keluarga Berencana Perempuan dan Anak (BPMNKBPA) Pesisir Selatan, Mawardi Roska, mengatakan, masing-masing nagari bakal mendapatkan dana tersebut berbeda antara satu dengan yang lainnya.

“Dana tersebut tidak dibagi rata setiap nagari. Bagi nagari yang banyak memenuhi kriteria, maka akan banyak juga menerima dana dari APBN tersebut,” katanya.

Saat ini, Pesisir Selatan memiliki sebanyak 182 nagari, tersebar di 15 kecamatan yang ada. Jumlah nagari tersebut merupakan hasil pemekaran nagari induk dari sebelumnya yang hanya sebanyak 76 nagari. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

12 + three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password