Meski Sedikit, Menaker Akui Hartanya Bertambah

Jakarta – Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tampak benar-benar peduli mengenai pelaporan harta kekayaan mereka sebagai penyelenggara negara. Itu terlihat sudah belasan menteri yang menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hari ini Senin (24/11/2014), giliran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakiri yang menyerahkan laporan kekayaannya ke KPK.
Namun, politisi PKB itu enggan menyebutkan berapa total hartanya yang dilaporkannya ke KPK. Namun dia enggan menyebutkan total kekayaannya yang dilaporkan.

“Kalau itu (penambahan), ada deh. Tapi gak banyak, saya lupa jumlahnya,” ujar Hanif saat meninggalkan gedung KPK, Senin (24/11/2014).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku terakhir kali menyerahkan LHKPN pada tahun 2009. Saat itu saat dirinya masih menjabat sebagai anggota DPR.

Selain menyerahkan LHKPN, Hanif juga mengaku membahas reformasi tata kelola ketenagakerjaan dengan pimpinan KPK.

“Ya, perbaikan mengenai ketenagakerjaan termasuk seputar tata kelola penempatan tenaga kerja luar negeri,” katanya.

Berdasarkan catatan KPK, hingga saat ini sudah 12 menteri yang menyerahkan LHKPN termasuk Menaker Hanif Dakiri. Menteri lainnya adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil.

Lalu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi. Selain para menteri, ada juga Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo yang telah menyerahkan LHKPN ke KPK. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

seven + 20 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password