Hingga November, Terjadi 337 Longsor, 267 Korban Tewas

Padang – Hingga Minggu ke 3 November 2014, telah terjadi 337 bencana longsor, 267 jiwa tewas akibat bencana tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, longsor dan banjir menjadi bencana yang menimbulkan korban jiwa terbesar selama tahun 2014. Daerah yang terlanda longsor umumnya tidak luas dan menyebar luas di wilayah Indonesia yang bertopografi curam.

“Terdapat sekitar 274 kabupaten dan kota berada di daerah bahaya longsor di Indonesia, dan terdapat sekitar 124 juta jiwa penduduk yang terpapar dari bahaya dari longsor tersebut,” kata Sutopo.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk waspada terutama yang berada dalam daerah rawan bencana tersebut. Karena tidak mungkin pemerintah membangun talud di seluruh daerah rawan longsor.

Informasi terakhir BNPB merilis terjadi bencana longsor di Desa Sibio Bio, Kecamatan Sibabangun, Kab Tapanuli Tengah, Prov Sumatera Utara pada Sabtu (22-11-2014) pukul 01.00 WIB. 5 unit rumah di tebing tertimbun longsor. 4 orang tewas tertimbun longsor dan 1 bayi berusia 4 bulan masih belum ditemukan karena terbawa longsor dan arus sungai.(ary)

0 Comments

Leave a Comment

14 − 9 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password