Pakar HI Apresiasi Rencana Mentri Susi Tindak Tegas Kapal Asing Pencuri Ikan

Padang – Pakar Hubungan Internasional Universitas Andalas Padang Sumatra Barat, Haiyyu Darman Moenir, mengapresiasi rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti menindak tegas kapal asing yang mencuri ikan di kawasan laut indonesia.

Dia mengusulkan, sebaiknya ada standar operasional prosedur (SOP) dalam menindak kapal asing sehingga bisa meminimalisir tingkat konflik dengan negara-negara nelayan asing yang masuk keperairan indoneia.

“Walaupun kita punya kedaulatan, punya hak untuk mempertahankan tapi harus ada standar operasional sehingga tidak menimbulkan konflik dengan negara tetangga”, tegas Hayyu kepada covesia, Senin (24/11/2014).

Haiyyu menerangkan, meskipun nantinya ada kapal asing yang ditindak tidak akan mempengaruhi hubungan internasional kedua negara.

“Sudah saatnya indonesia tegas dalam kasus pencurian ikan ini. Selama ini indonesia hanya menjadi korban dari negara-negara tetangga. Banyak nelayan indonesia yang di tangkap oleh pihak Malaysia dan Australia sedangkan Indonesia malah kecolongan dengan nelayan asing,” cetusnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menginginkan adanya tindakan tegas bagi kapal asing yang mencuri ikan di wilayah Indonesia termasuk menenggelamkan kapal bila diperlukan. Rencana ini disambut baik oleh menteri Susi Pujiastuti yang akan membuat kebijakan tersebut. (utr/lif)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − 10 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password