Puluhan Rumah di Pasaman Barat Terendam Banjir

Pasaman Barat – Puluhan rumah warga pantai Indah Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terendam banjir. Penyebab banjir, akibat hujan yang tidak ada henti-hentinya.

“Ketinggian air sudah mencapai 80 centimeter hingga saat ini dan merendam sekitar sekitar 50 buah rumah warga,” ujar salah seorang warga Maligi, Wisnu kepada covesia, Senin (24/11/2014).

Menurut Wisnu, puluhan warga sudah ada yang mengungsi ke rumah familynya terdekat karena rumah yang ditempatinya sudah direndam air. Jika hujan tidak kunjung berhenti maka dikhawatirkan air bisa menghanyutkan rumah warga.

“Kita mengharapkan Pemkab Pasaman Barat melihat kondisi ini dan mencarikan solusinya dengan cepat,” harapnya.

Sementara itu warga lainnya, Arlis membenarkan banjir dikampungnya sudah sering terjadi setiap tahunnya. Namun, tidak ada solusi dari pemerintah daerah.

Banjir yang merendam puluhan rumah warga itu disebabkan karena tidak adanya aliran air ke sungai Maligi. Akibatnya, air mengendap dan merendam rumah warga karena daerah itu secara geografis termasuk dataran rendah.

Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga merendam satu unit Polindes dan sejumlah kandang ternak masyarakat.

Kepala Jorong Maligi, Aljufri ketika dikonfirmasi membenarkan ada banjir yang merendam puluhan rumah warga sejak satu minggu terakhir. Daerah yang terendam banjir itu terletak dikerendahan sehingga setiap hujan lebat maka air akan tergenang sampai ke jenjang rumah warga.

Menurutnya, mereka sangat kesulitan membuat parit aliran air ke sungai Maligi karena jika dilakukan penjebolan maka dikhawatirkan tanah yang ada disekitarnya akan amblas.(man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

3 × 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password