Ratusan Anggota KUD PSM Persoalkan Hasil Panen Sawit

Pasaman Barat – Ratusan anggota Koperasi Unit Desa Permata Sawit Maligi (KUD PSM) Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mempertanyakan hasil panen kelapa sawit sekitar Rp1.458.344.000. Mereka mempertanyakan kepada pengurus, sebab uang yang sampai tidak sesuai dengan hasil yang ada.

Salah seorang anggota Koperasi Unit Desa Permata Sawit Maligi (KUD PSM), Wisnu kepada covesia, Senin (24/11/2014), menjelaskan, luas kebun kelapa sawit KUD PSM mencapai 665 hektare dengan hasil panen mencapai 886 ton. Jika dikalikan harga kelapa sawit Rp1.684 perkilogram maka hasilnya mencapai Rp1.458.344.000.

“Kita tidak ingin dibodoh-bodohi karena hasil yang diperoleh dari hasil kelapa sawit tidak sesuai kenyataan. Kemana uang yang tidak sampai itu. Diduga ada penggelapan hasil kelapa sawit setiap bulannya,” kata Wisnu.

Anggota yang menerima sebanyak 1.050 kepala keluarga (KK) hanya menerima Rp616.350.000. Artinya setiap KK menerima Rp587.000 hasil kelapa sawit pada bulan Oktober dan diterima bulan November.

“Berarti ada uang sekitar Rp841.994.000 dari Rp1.458.344.00 yang tidak jelas kemana perginya. Alasan pengurus untuk biaya operasional. Kenapa biaya operasional itu terlalu besar, kemana perginya,” sebut Wisnu.

Sementara itu, anggota lainnya, Rahmadani membenarkan permasalahan itu. Sekitar Rp841.994.000 uang hasil kebun kelapa sawit tidak jelas kemana perginya. “Setiap ditanyakan ke pengurus selalu beralasan untuk operasional. Sementara pengurus tidak pernah menyampaikan secara terbuka ke anggota,” sebutnya.

Persoalan ini sudah disampaikan ke Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM. Anggota mendesak agar dilakukan rapat anggota luar biasa karena kepengurusan KUD PSM tidak jelas dan diduga banyak terjadi penyelewengan.

Sementara yang mengambil kebijakan selalu dilakukan oleh wakil ketua dan badan pengawas. Seharusnya sudah dilakukan rapat anggota luar biasa sehingga anggota tidak selalu menjadi korban. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen + 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password