Wapres Perkenalkan KIS dan KIP dalam Sidang PBB

Wapres Perkenalkan KIS dan KIP dalam Sidang PBB Jusuf Kalla (Antara)

Covesia.com - Wakil Presiden M Jusuf Kalla menegaskan Indonesia berkomitmen penuh dalam mengadopsi pembangunan berkelanjutan dan sudah melaksanakannya melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) serta Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Indonesia memberikan subsidi penuh untuk Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar bagi masyarakat miskin guna mendapatkan akses di bidang kesehatan dan pendidikan," kata Wapres dalam sidang PBB di New York sebagaimana yang dilansir Antara, Minggu (27/9/2015).

Wapres Jusuf Kalla didampingi Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menkes Yunita Moeloek.

Lebih lanjut Wapres menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen penuh melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Wapres apa yang disebut pembangunan berkelanjutan adalah suatu upaya bersama yang dicapai Indonesia dengan dunia. Namun Wapres mengakui bahwa ada target-target yang belum terpenuhi.

Wapres menjelaskan dari 169 berbagai progran turunan pembangunan berkelanjutan sudah dijalankan oleh Indonesia.

"Masing-masing punya penanggungjawabnya," kata Wapres.

Wapres menjelaskan bahwa untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan di Indonesia maka tidak hanya bisa bertumpu kepada pemerintah tetapi peran partisipatif seluruh elemen menjadi sangat penting.

"Untuk dunia usaha bisa melaksanakan fungsi sosial melalui CSR dengan pola filantropi yakni masyarakat yang mampu berbagi ke yang lain. Sedangkan bagi pemerintah bagaimana bisa membuka lapangan kerja," kata Wapres.

(ant/lif))

Berita Terkait

Baca Juga