Koalisi Perempuan Mogok Makan di Depan Gedung DPR-MPR

Jakarta – Sejumlah perempuan yang tergabung dalam Komite aksi Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan Buruh Migran (KAPPRTBM) dan Jaringan Advokasi Nasional Pekerja Rumah Tangga (JALA PRT) menggelar aksi demo di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (25/11/2014). Mereka melakukan aksi mogok makan dalam rangka memperingati Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan yang diperingati setiap tanggal 25 November.

“Kita tidak akan diam untuk memperjuangkan situasi kerja layak bagi pekerja rumah tangga (PRT), makanya kita gelar aksi mogok makan sampai waktu yang tak ditentukan” kata Nissa Dinda dari Solidaritas Perempuan yang tergabung dalam KAPPRTBM dan JALA PRT, kepada covesia di Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Menurut Nissa, perlindungan PRT harus menjadi hal yang urgent dan prioritas bagi negara. Tidak sepatutnya negara membiarkan ada warga negara mereka yang berada didalam situasi tidak layak dan kerap mengalami kekerasan.

Perlindungan terhadap PRT, lanjutnya, harus diwujudkan melalui kebijakan nasional, yaitu melalui ratifikasi Konvensi ILO No. 189 dan Undang-undang (UU) Perlindungan PRT, revisi UU PPTKILN serta penerapan didalam implementasi untuk melindungi, menghormati dan memenuhi hak-hak PRT serta menjamin kerja layak bagi mereka.

“DPR dan pemerintah harus tuntaskan tanggung jawab perlindungan terhadap PRT. Dan akhiri segala perbudakan terhadap PRT,” tukasnya. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

eight + 19 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password