Mendes Dorong Desa Berkontribusi Pulihkan Ekonomi Nasional

Mendes Dorong Desa Berkontribusi Pulihkan Ekonomi Nasional Menteri Desa, Marwan Jafar, saat mendampingi Presiden Jokowi di Pariaman beberapa waktu lalu. (Foto. Doc humas Kemendesa)

Covesia.com - Mulai membaiknya kondisi perekonomian nasional, disambut antusias oleh Menteri Marwan Jafar. Paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan Pemerintah mulai menunjukkan hasil positif dalam bentuk penguatan rupiah, meningkatnya harga-harga komoditas pertambangan dan perkebunan, yang memantik harapan terus meningkatnya laju perekonomian pada semester kedua tahun ini.

"Saya ingin desa-desa berkontribusi nyata dalam proses pemulihan ekonomi nasional, karena itu saya terus mendorong dana desa segera diterima desa dan langsung digunakan untuk membangun infrastruktur desa,"ujar Menteri Desa, Marwan Jafar, Senin (12/10).

Menurut Marwan, kontribusi desa bisa diwujudkan melalui upaya peningkatan daya beli masyarakat desa, yang merupakan salah satu instrumen untuk menggairahkan kembali perekonomian yang sedang lesu. Dengan meningkatnya daya beli, diharapkan akan mendorong konsumsi, meningkatkan transaksi perdagangan, dan roda ekonomi berputar cepat.

"Dana desa kita genjot realisasinya. Saat ini memang salah satunya untuk memulihkan dan meningkatkan daya beli masyarakat, dengan dana desa digunakan untuk infrastruktur yang padat karya maka akan menyerap banyak warga desa yang bekerja," terang Marwan.

Untuk diketahui, sampai dengan awal Oktober dana desa yang telah masuk kas kabupaten dan kota mencapai 16,5 trilyun atau 80 persen, dan dari kabupaten dan kota ke desa penyaluran dana desa sudah mencapai 7,1 trilyun atau 35 persen.

"sejauh ini diperkirakan lebih dari 45 persen dari dana desa tersebut yang sudah dibelanjakan oleh desa-desa,"tutupnya. (aan)

Berita Terkait

Baca Juga