Indonesia Dipermalukan Filipina Empat Gol Tanpa Balas

Hanoi – Timnas Indonesia harus bersiap mengubur impian melaju ke babak semifinal Piala AFF usai kalah memalukan dari Filipina 0-4 pada laga kedua Grup A di Stadion My Dinh, Vietnam, Selasa (25/11/2014).

Meski berlabel unggulan, timnas Garuda justru tak pernah menang pada dua pertandingan pertama. Bermain imbang 2-2 saat berhadapan dengan Vietnam dan kalah 0-4 dari Filipina.

Pada laga melawan The Azkals, Indonesia tertinggal 0-1 pada babak pertama lewat gol penalti Philip Younghusband. Tiga gol lainnya dicetak Manuel Ott, Martin Steuble dan Rob Gier di babak kedua.

Babak pertama :

Saat laga baru dimulai, Indonesia langsung melakukan serangan ke jantung pertahanan Filipina. Kemelut di depan gawang hasil tendangan bebas dari sisi kanan, nyaris berbuah gol.

Filipina tak mau kalah. Mereka yang biasanya memperagakan bola-bola panjang namun kali ini lebih gemar memainkan umpan-umpan pendek.

Tidak perlu menunggu lama, pada menit ke-16, The Azkals mampu membobol gawang Kurnia Mega melalui tendangan Younghusband dari titik putih.

Barawal dari blunder M Roby yang salah melakukan operan, Firman Utina terpaksa menjatuhkan Younghusband di kota terlarang.

Tertinggal satu gol, pemain Indonesia terlihat gugup. Mereka sering melakukan kesalahan mendasar yang kerap mengancam ke gawang Meiga.

Filipina terus menggempur, sehingga memaksa Indonesia bermain di area sendiri.

Hingga menit ke-40, penguasaan bola lebih banyak dimiliki Filipina. Mereka mudah saja mencuri bola dari kaki pemain timnas Garuda.

Menjelang akhir babak pertama, Indonesia mencoba bangkit. Sejumlah peluang didapat, tapi Van Dijk dan Samsul Arif masih gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Gempuran Indonesia dibalas serangan balik Filipina. Namun, hingga turun minum kedudukan tetap tidak berubah. Skor 1-0 untuk keunggulan Filipina.

Babak kedua :

Memasuki paruh kedua pertandingan, Indonesia mengambil inisiatif menyerang. Beberapa kali Zulham Zamrun menusuk dari sisi kanan dan memberikan umpan kepada Van Dijk. Namun, serangan selalu gagal karena kuatnya pertahanan Filipina.

Karena sibuk menyerang, Indonesia kembali kecolongan pada menit ke-52. Tendangan keras Manuel Ott dari luar kotak penalti gagal diantisipasi Meiga.

Unggul dua gol, Filipina semakin percaya diri. Mereka leluasa memainkan bola memanfaatkan rapuhnya pertahanan Indonesia. Indonesia semakin tertekan karena Filipina mampu menguasai lini tengah.

Pada menit ke-68, Filipina kembali menjebol gawang Meiga. Saat pemain Indonesia sibuk melakukan protes kepada wasit yang memberi Filipina hadiah tendangan tak langsung, Younghusband dengan cepat menyodorkan bola Steuble yang berhasil dikonversi menjadi gol. Wasit mengesahkan gol tersebut.

Permainan Filipina tak terbendung usai wasit mengusir Rizky Rizal Ripora keluar lapangan akibat melanggar Younghusband.

Pada menit ke-79, Rob Gier menyempurnakan kemenangan Filipina menjadi 4-0. Kedudukan tersebut bertahan hingga akhir pertandingan. (def/rio)

0 Comments

Leave a Comment

3 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password