Ikatan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara Bakal Dibentuk

Jakarta – Sejumlah tokoh Islam dari negara-negara di Asia Tenggara bakal menggelar muktamar dan mendeklarasikan pembentukan organisasi Ikatan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara.

Kegiatan ini bakal digelar 28 sampai 29 November 2014 di Depok,Jawa Barat.

Tokoh Islam yang dijadwalkan akan hadir diantaranya Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia, Hamzah Zainuddin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, tokoh Islam dari Thailand Ismail Luthfi, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin, serta Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid.

Panitia Muktamar, Muhammad Zaitun dalam siaran persnya yang diterima covesia, deklarasi pembentukan organisasi Ikatan Ulama dan Daise-Asia Tenggara dimaksudkan untuk menegaskan eksistensi keteladan ulama Islam serta sebagai wadah konsolidasi para ulama dan dai se-Asia Tenggara.

Dasar pemikiran dan pembentukan organisasi tingkat kawasan tersebut, supaya fungsi dan peran dai dan ulama di tengah umat Islam benar-benar dirasakan umat serta sekaligus sebagai referensi nyata dalam kehidupan.

“Pada saat legitimasi umat Islam menurun terhadap ketokohan semu, maka nilai-nilai agama Islam hanya dianggap sebagai pemanis untuk sebuah kepentingan,” katanya.

Muhammad Zaitun mengatakan, ulama dan dai sebagai pendakwah yang menyerukan nilai-nilai kebenaran, diharapkan dapat menjadi tokoh panutan masyarakat muslim.

apalagi jika ditambah dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan integritas tinggi dari ulama dan dai, diharapkan dapat memberikan solusi kepada umat Islam dalam pencarian terhadap figur pemimpin ideal. (gyi)

0 Comments

Leave a Comment

4 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password