Ke Riau, Jokowi Berpeluang Disambut Hujan Petir

Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan cuaca di Provinsi Riau berpeluang terjadi hujan disertai petir saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di daerah tersebut, Rabu (26/11/2014).

“Cuaca Riau pada umumnya berawan dengan peluang hujan ringan hingga sedang disertai petir pada pagi, siang dan sore hingga malam hari terjadi merata di wilayah Riau,” kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, di Pekanbaru.

Ia mengatakan angin secara umum dari arah yang bervariasi dengan kecepatan 05-12 knot atau setara 9- 22 kilometer per jam. Sedangkan pantuan satelit Terra dan Aqua menunjukan nihil titik panas d Riau. Sementara dua titik panas terdeteksi di Jambi dan Sumatera Selatan yang merupakan indikasi awal kemungkinan terjadi kebakaran lahan.

Rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menggunakan pesawat Kepresidenan menuju Riau dari Provinsi Bengkulu. Fokus utama kunjungan kerja Presiden Jokowi, di Riau adalah untuk mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan yang kerap menimbulkan bencana asap.

TNI telah menyiapkan tiga helikopter agar Presiden dapat dengan cepat meninjau beberapa daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. “Tiga helikopter yang disiapkan adalah dua helikopter Bell dan satu Super Puma,” kata Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto. Tiga helikopter untuk Presiden dimobilisasi dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pengamanan kunjungan Presiden Jokowi akan melibatkan 3.900 personel gabungan TNI dan Polri. “Personel gabungan TNI dan Polri mencapai 3.900 orang itu untuk seluruh Riau, karena di luar Kota Pekanbaru kita juga menggelar operasi imbangan,” ujarnya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

fourteen + eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password