Ratusan Orang Tandatangani Petisi Pembekuan PSSI

Padang – Usai kekalahan memalukan 0-4 dari Filipina di Piala AFF, sejumlah orang membuat petisi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, untuk membekukan PSSI di Change.org. Hingga Rabu (26/11/2014) siang, petisi tersebut telah ditandatangani 800 lebih masyarakat Indonesia.

“Sudah 84 tahun PSSI berdiri, tapi apa prestasi sepak bola kita? Bukannya mengejar piala, PSSI malah akrab dengan masalah. Yang terkini, tim nasional kita dibantai 0-4 oleh Filipina, negara yang sebelumnya tak pernah menang atas Indonesia,” isi petisi tersebut.

Selanjutnya, petisi tersebut juga mengangkat persoalan sepakbola gajah yang melibatkan PSS Sleman dan PSIS Semarang di laga babak 8 besar Divisi Utama, akhir Oktober lalu.

“Demi menghindari Pusamania Borneo FC di semifinal, dua tim itu berlomba mencetak lima gol bunuh diri. Secara blak-blakan mereka melukai hati dan menginjak harga diri kita, penikmat sepak bola Indonesia.”

Menurut petisi itu, sepakbola gajah hanyalah puncak gunung es dari masalah-masalah sepak bola nasional yang selama ini dikelola PSSI. Fakta bahwa tim nasional kita miskin gelar dan kompetisi kita penuh cacat adalah cerminan dari tidak becusnya PSSI.

“Untuk itu, kami meminta Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, untuk mengintervensi PSSI. Pemerintah harus membekukan kepengurusan saat ini dan mengambil alih organisasi sembari melakukan penataan ulang.”

Petisi itu mengundang komentar banyak orang. Di antaranya dari Mahisa Yudhistira dari Jakarta yang berharap sepakbola Indonesia bisa bebas dari mafia. Sementara tanggapan lainnya banyak berisi ungkapan rasa keprihatinan melihat kondisi sepakbola di tanah air. (rio)

0 Comments

Leave a Comment

five × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password