Banjir Hantam 4 Kecamatan di Pasaman Barat, 550 KK Dievakuasi

Pasaman Barat – Bencana banjir akibat hujan deras di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), semakin meluas. Kali ini, banjir menghantam empat kecamatan sekaligus. Sebanyak 550 Kepala Keluarga (KK) terpaksa diungsikan.

Empat kecamatan yang dihantam banjir itu adalah, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kecamatan Pasaman, Kecamatan Lembah Melintang serta Kecamatan Ranah Batahan. Banjir terjadi Rabu (26/11-2014) dinihari. Ketinggian air mencapai hampir 1 meter.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Sofyan Hidayat melalui Kepala Polisi Sektor Ujung Gading Iptu Ismet, kepada covesia, Rabu, mengatakan banjir itu dipicu meluapnya Sungai Batang Bayang dan Sungai Batang Sikabau akibat curah hujan yang tinggi.

Kapolres memperkirakan, banjir yang datang tiba-tiba itu terjadi pada Rabu (26/11) dinihari. Dengan ketinggian mencapai setinggi lutut orang dewasa, air pun masuk ke dalam rumah warga. Sekitar 550 kepala keluarga sempat diungsikan karena khawatir banjir semakin meluas.

“Naiknya air Sungai Batang Bayang dan Sikabau ini dipicu curah hujan yang tinggi. Air tiba-tiba naik dan membuat masyarakat panik,” kata Kapolres. Sementara itu di Jorong Taming Kecamatan Ranah Batahan air juga sudah naik hingga kejalan sehingga mengganggu arus lalu-lintas.

Warga yang sempat diungsikan akibat banjir di Simpang Empat Koto Sawah sekitar 150 KK, Jorong Suka Rame dan Banjar Bahal sekitar 400 KK. Masyarakat panik dan sebagian masyarakat sempat diungsikan ke tempat keluarganya.

Evakuasi warga dilakukan oleh personil Polres Pasaman Barat, Polsek, petugas Lantas serta instansi terkait seperti TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dibantu masyarakat.

“Evakuasi ini dilakukan karena mengingat curah hujan yang masih tinggi. Hingga Rabu pagi ini masih ada sebagian warga yang mengungsi meskipun air sudah mulai menyusut,”sebutnya.

Kasat Lantas Polres Pasaman Barat, AKP Rio Sigal Hasibuan didampingi Kasat Intel, AKP Muzhendra kepada covesia, mengatakan pihaknya terus memberikan bantuan dan pengaturan lalu-lintas disejumlah titik jalan yang tergenang air akibat banjir. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

nine − three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password