Posko Kesehatan Didirikan di Empat Jorong

Pasaman Barat – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menginstruksikan kepada pimpinan puskesmas agar segera mendirikan posko kesehatan di empat kecamatan yang dihantam banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, dr. Lazuwardi ketika dikonfirmasi covesia, Rabu (26/11/2014) mengatakan, pendirian posko kesehatan akan didirikan di masing-masing jorong yang terkena bencana banjir. Dinas Kesehatan juga akan menyediakan dokter dan perawat untuk memberikan pelayanan kepada korban banjir.

“Kita sudah instruksikan kepada para pimpinan puskesmas di setiap kecamatan agar segera mendirikan posko. Nanti akan kita pantau lagi perkembangannya,” kata Lazuwardi.

Menurut dia, obat-obatan yang dibutuhkan juga agar dibawa ke lokasi banjir. Dengan kondisi saat ini, ia khawatir wabah penyakit akan muncul dan menyerang korban banjir. Makanya perlu diantisipasi secepat mungkin.

Seperti diketahui, bencana banjir akibat hujan deras di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, semakin meluas. Kali ini, banjir menghantam empat kecamatan sekaligus. Sebanyak 550 Kepala Keluarga (KK) terpaksa diungsikan.

Empat kecamatan yang dihantam banjir itu adalah, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kecamatan Pasaman, Kecamatan Lembah Melintang serta Kecamatan Ranah Batahan. Banjir terjadi Rabu (26/11/2014) dinihari. Ketinggian air mencapai hampir 1 meter.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Sofyan Hidayat melalui Kepala Polisi Sektor Ujung Gading Iptu Ismet, kepada covesia, Rabu, mengatakan banjir itu dipicu meluapnya Sungai Batang Bayang dan Sungai Batang Sikabau akibat curah hujan yang tinggi.

Kapolres memperkirakan, banjir yang datang tiba-tiba itu terjadi pada Rabu (26/11) dinihari. Dengan ketinggian mencapai setinggi lutut orang dewasa, air pun masuk ke dalam rumah warga. Sekitar 550 kepala keluarga sempat diungsikan karena khawatir banjir semakin meluas. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

19 − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password