1.534 Rumah Warga di Pasaman Barat Terendam Banjir

Pasaman Barat – Sebanyak 1.534 unit rumah warga di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat terendam banjir. Bencana banjir terjadi di 7 kejorongan di empat kecamatan di kabupaten tersebut selama 2 hari berturut-turut.

Warga yang menjadi korban akibat musibah banjir itu diperkirakan mencapai 6.076 jiwa. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa kerugian penduduk akibat bencana banjir. Bukan hanya banjir, longsor juga terjadi di jalan Jorong Sitabu Nagari Rabijonggor sehingga arus lalulintas terhambat.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasaman Barat, Yunadi ketika dikonfirmasi covesia, Kamis (27/11/2014) membenarkan hal tersebut. Akibat bencana banjir yang terjadi di Pasaman Barat, sebanyak 1.534 unit rumah terendam banjir.

Menurut Yunadi, dari jumlah tersebut, terdapat di 7 kejorongan di Kabupaten Pasaman Barat. Tujuh kejorongan itu adalah Jorong Koto Sawah 600 KK, Jorong Sikabau dan Aek Jornih 300 KK.

Banjir juga terjadi di Jorong Maligi 100 KK, Jorong Rantau Panjang Sasak Ranah Pasisia 200 KK, Jorong Air Gadang 120 KK. Dan Jorong Irian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang sebanyak 15 KK, Jorong Tamiang Batahan Kecamatan Ranah Batahan sebanyak 199 KK. Sedangkan di jalan Jorong Sitabu Nagari Rabijonggor terjadi longsor. Namun tidak ada korban jiwa.

Akibat hujan yang tidak kunjung berhenti, banjir tidak kunjung menyusut sehingga korban terpaksa mengungsi ke rumah familinya. Air setinggi satu meter di dalam rumah penduduk.

Sampai saat ini korban banjir masih tetap siaga dan waspada. Begitu juga para pemuda di kejorongan tersebut dibantu anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana), anggota BPBD, polisi dan TNI. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

3 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password