Di Pasaman Barat, 60 Pengendara Tewas di Jalan Raya

Pasaman Barat – Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat menyatakan selama 2014 sebanyak 60 orang warga tewas di jalan raya akibat kecelakaan lalulintas. Dan kasus kecelakaan yang terjadi sebanyak 80 kasus.

“Ya benar, kita berharap kasus kecelakaan akan berkurang dari tahun sebelumnya. Sebab pada tahun 2013, Kabupaten Pasaman yang menempati peringkat nomor satu di Sumbar jumlah korban yang meninggal di jalan raya,” kata Kapolres Pasaman Barat, AKBP, Sofian Hidayat melalui Kasat Lantas, AKP. Rio Sigal Hasibuan ketika dikonfirmasi covesia, Kamis (27/11/2014).

Menurutnya, penyebab dari semua kasus kecelakaan lalulintas di Pasaman Barat, salah satunya karena ukuran jalan yang kecil dan faktor banyak jalan yang rusak. Selain itu, lampu penerangan jalan juga sangat kurang, dan kesadaran pengendara yang rendah.

Dari data yang ada menunjukkan, sejak bulan Januari sampai 26 November 2014, kasus kecelakaan lalu lintas sebanyak 80 kasus. Dari kasus tersebut sebanyak 60 orang tewas dan 40 luka berat dan luka ringan 67 orang. Kasus yang diselesaikan oleh Satuan Lantas Polres Pasaman Barat sebanyak 75 kasus.

Dijelaskannya, pada tahun 2013 lalu kasus kecelakaan lalulintas di Pasaman Barat sebanyak 138 kasus. Dalam kasus itu korban yang tewas sebanyak 86 orang, luka berat 86 orang, dan luka ringan 98 orang. “Dari kasus tersebut kerugian materil sebesar Rp449.650.000. Dan penyelesaian 146 kasus,” sebutnya.

Untuk memperkecil kasus kecelakaan lalulintas di wilayahnya, Satlantas Polres Pasaman Barat telah melakukan berbagai program. Baik sosialisasi kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Ia berharap tahun 2014 ini jumlah kasus kecelakaan lalulintas akan menurun.

Kemudian dilakukan berbagai peringatan dan penindakan kepada pengendara. “Kita meminta kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran berlalulintas, supaya tidak terjadi kecelakaan lalulintas,” sebutnya. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

six + 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password