JK Gelar Rapat Terkait Masalah Pangan

Covesia.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menggelar rapat terkait permasalahan pangan nasional di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoto, Jakarta Pusat, Senin (25/1/2016).

Berdasarkan informasi dari Sekretariat Wapres, permasalahan ini dinilai merupakan aspek penting dalam menegakkan kedaulatan pangan di Tanah Air. Sejumlah permasalahan yang saat ini sedang mewarnai masyarakat antara lain adalah terkait dengan tingkat stabilitas harga beberapa komoditas pangan misalnya daging.

Sebagaimana diwartakan, kedaulatan pangan yang ditegaskan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla lewat Nawacita, dipandang oleh sejumlah pihak harus dimulai dari pemuliaan petani.

“Angin segar bagi pembangunan pertanian di tanah air berhembus ketika pemerintah dengan tegas menyatakan bahwa kita perlu berdaulat pangan, namun harus dimulai dengan pemuliaan petani,” kata inisiator Gerakan Petani Nusantara (GPN) Hermanu Triwidodo, Senin (18/1).

Kedaulatan pangan tersebut, kata Hermanu, memang tertuang dalam Nawacita yang bertujuan menciptakan kedaulatan bangsa secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya.

Menurut Hermanu yang juga pengajar di Departemen proteksi Tanaman IPB tersebut, niat pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan itu, baik karena saat ini memang dibutuhkan.

“Namun niat saja tidak akan cukup jika tidak diiringi dengan cara yang baik untuk mewujudkannya. Kedaulatan pangan semestinya tidak hanya produksi meningkat dan berkelanjutan, namun juga menjadikan petani mulia dan berdaulat,” ujarnya.

(ant/utr)

0 Comments

Leave a Comment

one × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password