Pelantikan Wagub DKI Diperkirakan Akhir Desember

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memperkirakan pelantikan Wakil Gubernur (Wagub) DKI akan dilaksanakan pada akhir Desember 2014 mendatang.

“Kemungkinan besar, akhir Desember 2014 akan digelar pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Nanti, saya sendiri yang akan melantiknya,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (27/11/2014).

Menurut dia, pelantikan tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan sejumlah pejabat eselon dua, eselon tiga dan eselon empat yang berada di dalam lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Kita kan memang mau melakukan pelantikan besar-besaran pada Desember nanti. Jadi, pelantikannya bisa saja bersamaan dengan camat, lurah, walikota, dan siapa pun yang diganti,” ujar Basuki.

Terkait wakil gubernur, dia menuturkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, kepala daerah menunjuk dan mengusulkan sendiri wakilnya tak lama setelah dia dilantik.

“Setelah itu, usulan tersebut lalu dikirimkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sesudah mendapat pengesahan, maka kepala daerah dapat melantik wakilnya itu secara langsung,” tutur Basuki.

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan bahwa proses penunjukan Wakil Gubernur DKI Jakarta dilakukan tanpa melewati tawar-menawar politik.

“Ini bukan tentang jatah partai politik atau apa. Tapi ini soal orang yang benar-benar bisa bekerja mendampingi saya, memiliki pengalaman, mau bekerja keras dan bisa kerja cepat. Itu lah yang penting bagi saya,” ungkap Basuki. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

6 + 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password