Saat Sidak, KPK Temukan Sejumlah Uang Tunai di Sel Tahanan

Jakarta – Beberapa orang tahanan KPK, ketahuan mengantongi sejumlah uang tunai berjumlah jutaan rupiah. Uang yang dikantongi tahanan KPK itu, disimpan diberbagai tempat disel tahanan mereka.

Temuan ini terungkap saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di rumah tahanan KPK.

Juru Bicara KPK, Johan Budi Kamis, (27/11/2014) mengatakan, bahwa petugas KPK yang melakukan sidak terhadap tahananlah yang pertama kali menemukan adanya jutaan uang yang dikantongi oleh tahanan KPK.

Salah satu uang yang ditemukan adalah, uang sebesar Rp 3,15 juta yang diselundupkan di dalam buku zikir baru penyelundupan uang ke dalam rumah tahanan. Modus itu berupa menyelipkan uang di dalam buku.

Selain itu, kata Johan, petugas juga menemukan buku setebal 1.000 halaman berjudul The Journey to the Memories of Old Greece karangan Marc Jhonshon. Sekilas, tidak ada yang aneh dari buku tersebut.

Namun, setelah sampul buku dibuka, terlihat sebuah kotak hitam dengan lubang kunci di depannya. Kotak hitam tersebut terbuat dari besi yang diduga dijadikan tempat untuk menyelundupkan barang ke tahanan. Kedalaman kotak tersebut sama dengan tebal buku.

“Ada larangan membawa buku kecuali hanya lima eksemplar. Dalam praktiknya buku-buku yang disampaikan itu, kami temukan ada hal-hal seperti buku ini,” kata Johan.

Johan mengatakan, para tahanan yang diketahui menyelundupkan barang yang dilarang atau uang di tahanan tidak dikenakan sanksi. Para petugas hanya akan mengamankan barang dan uang tersebut.

“Dengan ditemukannya hal ini, tentu saja kami akan meningkatkan pengawasan barang-barang untuk tahanan,” ungkapnya. (jmb)

0 Comments

Leave a Comment

four × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password