Parlemen Eropa Sepakat Akhiri Dominasi Google Search

Strasbourg – Parlemen Eropa membuat sejarah baru. Untuk pertama kalinya, mereka menyepakati pemisahan bisnis perusahaan AS, Google, karena dianggap melanggar undang-undang anti-monopoli perdagangan.

Pada sidang yang digelar Kamis (27/11/2014), dilansir dari PCMag, tercatat 384 anggota Parlemen Eropa menyetujui pemisahan Google Search dari seluruh bisnis yang dijalankan Google. Sisanya, 174 orang menolak sementara 56 anggota menyatakan abstain.

Parlemen Eropa memang tidak memiliki hak untuk memisahkan Google Search dari Google. Namun dengan suara mayoritas, mereka menginginkan pihak terkait melakukan sesuatu demi mengakhiri dominasi Google Search yang mencapai 90 persen di Eropa.

Dari hasil investigasi komisi anti-monopoli diketahui, layanan Google Search melakukan bermacam cara melalui kekuatan IT yang dimilikinya, sehingga hasil pencarian akan selalu berputar di semua layanan Google.

Secara rinci Parlemen Eropa tidak benar-benar berniat membubarkan Google. Sebaliknya, mereka menekankan pentingnya melindungi perusahaan online lain dari dominasi Google.

Caranya, dengan menjalankan undang-undang persaingan usaha Uni Eropa dan memisahkan search engine dari layanan komersial lainnya. (rio)

0 Comments

Leave a Comment

18 + nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password