Harta Anies Baswedan tak Sampai Rp 5 Miliar

Jakarta – Setelah berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Konsultasi itu karena sebelumnya Anies tidak pernah menjadi penyelenggara negara.

“Ini pertama kalinya saya melaporkan harta kekayaan ke KPK. Makanya saya berkonsultasi untuk mendapatkan informasi detil karena sebelumnya warga negara dan bukan penyelenggara negara,” ujar Anies saat berada di gedung KPK, Jumat (28/11/2014) sore.

Sebelum menjabat jadi menteri, Anies berprofesi sebagai akademisi dengan jabatan terakhir Rektor Universitas Paramadina Jakarta. Namun saat ditanya jumlah hartanya, Anies mengaku hartanya tak sampai Rp5 miliar.

“Jumlah gak sampai Rp5 miliar yang saya sampaikan tadi ke KPK. Untuk pastinya biar KPK yang menyampaikan karena nanti ‘kan diteliti dulu,” ujarnya.

Berdasarkan catatan KPK, hingga saat ini sudah 17 menteri Kabinet Kerja yang telah menyerahkan LHKPN. Sebelum Anies, ada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar; Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri; Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir; Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan; Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo; Menteri Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Selanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi; Menteri Keuangan Bambang Brodjojonegoro; Menteri Kesehatan Nila Juwita F Moeloek; Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil; Menteri Pariwisata Arif Yahya; Menteri Pertanian Amran Sulaiman; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokorasi Yuddy Chrisnandi; Menteri Sekretaris Negara Andi Widjajanto; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo; dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

five − two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password