Bantai Laos 5-1, Indonesia Gagal ke Semifinal

Hanoi – Meski bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama, Indonesia berhasil menang 5-1 atas Laos pada pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF 2014 di Hang Day Stadium, Hanoi, Jumat (28/11/2014).

Tapi kemenangan itu menjadi tidak berarti karena di saat yang sama Vietnam sukses menekuk Filipina dengan skor 3-1.

Evan Dimas yang menjalani debut bersama timnas senior, membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-8. Kapten U19 itu melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti ke pojok atas gawang. Indonesia unggul 1-0.

Pada menit ke-20, Ramdani Lestaluhu menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0. Umpan Cristian Gonzales dalam daerah kotak penalti, disambut cepat dengan tendangan kaki kanan, yang tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Laos, Sonvang.

Tujuh menit berselang, Supardi melakukan kesalahan fatal karena mendorong pemain Laos dalam kotak terlarang. Ia mendapat kartu merah dan Laos dihadiahi tendangan penalti.

Khampheng Sayavutthi sukses mengeksekusi bola dari titik putih. Skor berubah menjadi 2-1.

Bermain dengan 10 pemain, serangan Indonesia mulai berkurang. Laos semakin sering melancarkan umpan-umpan panjang ke daerah pertahanan Garuda.

Menjelang turun minum, kedua tim saling bergantian mendapat peluang. Namun, lemahnya penyelesaian akhir, tidak ada lagi gol tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, Laos lebih mendominasi penguasaan bola. Beberapa kali umpan panjang ke sisi kiri pertahanan Indonesia, sempat mengancam gawang I Made Irawan.

Sibuk menyerang, Loas lengah. Evan berhasil menggiring bola dari tengah lapangan hingga berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Laos.

Tidak mau egois, ia menyodorkan bola kepada Ramdani yang langsung menyarangkannya ke gawang yang sudah kosong. Indonesia kembali menjauh 3-1.

Pemain Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan diri. Beberapa kali Gonzales dan Boas melancarkan serangan hasil dari umpan Evan. Namun, penyelesaian akhir kembali menjadi masalah.

Laos tak mau kalah. Keunggulan satu pemain membuat mereka mudah mencuri bola dan menguasai lini tengah. Berkali-kali Made harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Pada menit ke-82, pemain pengganti Zulham Zamrun berhasil menjebol gawang Laos. Umpan silang yang matang dari Ridwan, berhasil ia konversi menjadi gol.

Di akhir pertandingan, Ketsada Souksavanh melakukan gol bunuh diri. Indonesia akhirnya menutup laga dengan keunggulan 5-1. (rio)

0 Comments

Leave a Comment

5 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password