Pertemuan DPD 1 Golkar di Menteng, Sepakati Munas 2015

Jakarta – Hampir keseluruhan elemen Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tingkat I Partai Golkar, menyepakati penyelenggaraan musyawarah nasional (munas) digelar pada 2015 atau sesuai rekomendasi munas 2009 lalu.

Pernyataan kesepakatan itu diputuskan dalam pertemuan pimpinan DPD I Golkar dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, yang berlangsung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/8/2014).

Ketua DPD Golkar Provinsi Bali, I Ketut Sudikerta menjelaskan, dalam pertemuan itu hadir sekitar 30 Ketua DPD I Partai Golkar. Kesepakatan diambil tanpa ada perdebatan yang kontras.

“Kita semua telah sepakati munas digelar tahun depan (2015),” kata Sudikerta, seusai pertemuan itu.

Selain menyepakati soal penyelenggaraan munas pada 2015, seluruh pimpinan DPD I Partai Golkar juga sepakat tentang posisi partai untuk berada di luar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Golkar memilih berada di luar pemerintahan untuk menjalankan fungsi sebagai partai penyeimbang selama lima tahun kedepan.

“Hingga saat ini, kita tetap setia di koalisi Merah Putih,”tukasnya.

Walaupun saat ini, kubu internal Partai Golkar masih berkecamuk menyikapi rencana Musyawarah Nasional IX Partai Golkar. Namun menurut kubu Aburizal, Munas IX Golkar digelar pada 2015 sesuai rekomendasi Munas VIII pada 2009.

Namun, kubu penentang tetap mendesak munas harus digelar November 2014. Harapannya, bisa mengubah arah koalisi Golkar setelah gagalnya pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dalam Pilpres lalu.

Tentu saja dalam hal ini, posisi DPD I sangat menentukan, karena mayoritas mereka memiliki suara dalam munas yang akan diselenggarakan nanti.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

3 + three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password