Korban Kebanyakan Laki-Laki Jemaah Shalat Jumat

Kano, NIgeria – Korban serangan bunuh diri di Mesjid Agung di Kota Kano, Nigeria kebanyakan laki-laki dan anak-anak laki-laki. Waartawan AFP mencoba menghitung korban di kamar mayat Rumah Sakit Spesialis Murtala Mohammed menghitung 92 mayat, kebanyakan dari mereka laki-laki dan anak laki-laki dengan luka ledakan dan luka bakar yang parah.

Mengutip AFP dilansir covesia, Sabtu (29/11/2014), saat malam tiba, ratusan orang mati-matian berusaha untuk menggunakan lampu pada ponsel mereka untuk mengidentifikasi orang-orang terkasih yang telah meninggal itu.

Namun seorang pejabat senior mengatakan bahwa ada setidaknya 120 tewas dan 270 luka-luka. Pekerja darurat masih mencoba untuk mengunjungi semua rumah sakit, ia menambahkan.

Emir Kano, Muhammad Sanusi II, pekan lalu mengatakan kepada jamaah di masjid yang sama, bahwa orang-orang dari utara harus mengangkat senjata melawan Boko Haram, yang telah berjuang untuk mendirikan sebuah negara Islam garis keras sejak 2009.

Dia juga meragukan kemampuan pasukan Nigeria ‘untuk melindungi warga sipil dan menghabisi pemberontakan, dalam komentar publik yang jarang terjadi oleh ulama mengenai urusan politik dan militer.’ Emir, yang saat ini diperkirakan berada di luar negeri, adalah tokoh yang sangat berpengaruh di Nigeria, yang merupakan rumah bagi lebih dari 80 juta Muslim, yang sebagian besar tinggal di utara.

Secara resmi emir adalah ulama nomor dua di negara itu, di belakang Sultan Sokoto, dan setiap serangan kepadanya bisa mengobarkan ketegangan di kota kedua Nigeria, yang merupakan ibu kota kuno pembelajaran Islam.

Sanusi ditunjuk sebagai emir awal tahun ini dan merupakan tokoh terkemuka dalam bukunya dirinya sendiri, setelah sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral Nigeria (CBN).

Selama bertanggung jawab atas CBN, ia berbicara menentang besarnya penipuan di pemerintahan dan diskors dari jabatannya pada Februari saat masa jabatannya di kantor itu hampir berakhir. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen − fourteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password