BNPB Siapkan Dana 75 Miliar Antisipasi Banjir Akhir Tahun

Padang-Mengingat tingginya intensitas hujan di wilayah Indonesia pada Desember 2014 hingga Februari 2015 mendatang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyediakan dana siap pakai sebesar Rp 75 milyar untuk antisipasi banjir dan longsor secara nasional.

Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan BNPB dibantu oleh sejumlah lembaga, kementrian dan pemerintah daerah sejauh ini telah melakukan upaya pengendalian banjir dan lonsor sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing intansi.

“Misanya Kementrian Pekerjaan Umum (PU) telah melakukan normalisasi sungai, pembangunan waduk, perbaikan tanggul dan pompa air,” jelas Sutopo dalam siaran pers yang diterima covesia, Sabtu (29/11/2014).

Selain itu BNPB dan BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) telah menyelenggarakan apel kesiapsiagaan dan simulasi banjir dan lonsor di seluruh Indonesia.

“Sejauh ini sejumlah Gubernur, Bupati dan Walikota telah mengeluarkan surat pernyataan siaga darurat menghadapi banjir dan longsor. misalnya Provinsi Jawa Barat dan Sumatra Barat” tambahnya. (utr/cal)

0 Comments

Leave a Comment

4 + one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password