Bekerja Tanpa Izin, 5 Warga Tiongkok Ditangkap di Palu

Palu – Lima warga negara Tiongkok yang bekerja tanpa izin di Palu, Sulawesi Tengah diamankan Petugas Imigrasi Palu.

Kepala Seksi Pengawasan dan Peningdakan Imigrasi (Wasdakim) Kantor Imigrasi Palu, Sulawesi Tengah, Amar B mengatakan, masyarakat menghendaki lima warga negara Tiongkok yang melanggar UU Keimigrasian RI segera dipulangkan.

“Itu permintaan masyarakat di Desa Watusampu, Kecamatan Ulujadi Kota Palu yang selama ini merupakan tempat kelima warga asing bekerja,” katanya di Palu.

Mengutip antara dilansir covesia, Sabtu (29/11/2014), Menurut Dedy, salah seorang tokoh masyarakat Desa Watusampu, kelima warga asing tersebut sudah lama bekerja di lokasi tambang galin c yang dikelola PT Optim Tiga Biru.

Saat petugas imigrasi menangkap mereka pada 24 November 2014, kata Amar, tidak satupun bisa menunjukkan dokumen keimigrasian.
Hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas penyidik Imigrasi Palu, kelima warga Tiongkok itu terbukti melanggar UU Keimigrasian RI.

Dua diantaranya hanya mengantongi visa dan tiga punya paspor dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) hanya untuk bekerja di dua daerah, yaitu Jakarta Utara dan Kabupaten Sukabumi. Tetapi kenyataannya mereka semua justru bekerja di Kota Palu.

Hingga kini kelima warga asing itu dikarantinakan di rudensi Imigrasi Palu. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

sixteen − 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password