Intel Bakal Investasikan Rp19,7 Triliun di Tiongkok

Intel Bakal Investasikan Rp197 Triliun di Tiongkok Mikroprosesor Intel. (Foto: facebook/intelindonesia)

Covesia.com - Produsen mikroprosesor Amerika Serikat, Intel, berencana menginvestasikan 1,6 miliar dolar Amerika (sekitar Rp19,7 triliun) selama 15 tahun. Dana sebanyak itu akan digunakan meningkatkan kinerja pabriknya di kota Chengdu, Tiongkok Barat.

Siaran resmi perusahaan yang diberikan kepada AFP pada Kamis (4/12/2014), menyebutkan, Itu merupakan langkah terbaru perusahaan tersebut di Tiongkok, setelah Intel pada September mengatakan akan menginvestasikan 1,5 miliar dolar Amerika (sekitar Rp18,47 triliun) ke dua produsen komponen ponsel Tiongkok dengan mengakuisisi 20 persen saham di perusahaan induknya yang memiliki Spreadtrum Communications dan RDA Microelectronics.

Investasi baru itu akan dialokasikan untuk fasilitas uji coba dan perakitannya, yang dibuka Intel pada 2005, ujar pernyataan tersebut. Pabrik itu mengemas dan menguji coba wafer yang digunakan dalam barang-barang elektronik.

Intel pernah menjadi pemimpin dalam komponen elektronik saat laptop berjaya di pasaran, namun saat ini tertinggal akibat pergeseran menuju teknologi mobile.

Di Chengdu, Intel juga memiliki pabrik lain yang memproduksi mikroprosesor untuk komputer, menurut situs perusahaan tersebut. (ant/cal)

Berita Terkait

Baca Juga