Partainya Kalah Dalam Pemilu, PM Taiwan Mundur

Teipei – Perdana menteri Taiwan mengundurkan diri, Sabtu, setelah partainya yang berkuasa dan bersahabat dengan Beijing kalah dalam pemilu.

Jiang Yihuah mengumumkan undur diri dalam jumpa pers, dengan mengatakan memikul “tanggung jawab politik” atas kekalahan besar Kuomintang.

Hasil-hasil tidak resmi menunjukkan Kuomintang (KMT) kalah di lima dari enam kotapraja Taiwan, mempertahankan keunggulan tipis di Taipei Baru.

Jiang mengatakan bahwa pengunduran dirinya telah disetujui Presiden Ma Ying-jeou.

Masyarakat kecewa dengan tampilan pemerintah, dan itu tercermin dari hasil-hasil pemilu.Jadi saya memutuskan untuk memikul tanggung jawab politik dan mengajukan pengunduran diri saya, yang telah disetujui Presiden Ma,” katanya.

KMT sedang berjuang dengan kekhawatiran yang meningkat atas pengaruh Tiongkok, ekonomi yang melambat dan serangkaian skandal pangan– pemilihan lokal dianggap sebagai satu ujian penting menjelang pemilihan presiden tahun 2016, dengan kebijakan Tiongkok satu masalah penting.

Ma, yang berkuasa tahun 2008 menggunakan satu program yang bersahabat dengan Beijing, harus mengundurkan diri pada akhir masa jabatan empat tahun keduanya keduanya.

Taiwan dan Tiongkok pecah pada 1949 saat akhir perang saudara, tetapi Beijing masih mengklaim pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya menunggu reunifikasi, jika perlu dengan kekuatan militer. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

11 − 10 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password