Tanggul Penahan Lumpur Lapindo Jebol

Sidoarjo – Tanggul penahan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, di titik 73 jebol, sehingga menyebabkan lumpur di kolam penampungan luber serta mengancam rumah warga.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Dwinanto, Minggu (30/11/2014), mengatakan tanggul yang jebol pada Minggu pagi itu akibat meluapnya lumpur di kolam penampungan. “Tanggulnya tidak kuat menahan luapan lumpur yang ada di kolam penampungan akibat hujan di lokasi itu,” katanya.

Ia mengemukakan, meski mengalami jebol debit air bercampur lumpur yang saat ini keluar dari kolam penampungan sudah mulai susut. “Material lumpur bercampur air sudah mulai susut dan yang ada di dalam kolam penampungan masih lumpur yang sudah mengeras,” katanya.

Meskipun mengalami jebol, namun pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan di lokasi tersebut karena aksesnya yang cukup susah serta kondisi lumpur yang meluap.

“Salah satu cara untuk mengatasi tanggul jebol itu adalah dengan melakukan pembangunan tanggul baru, sehingga kalaupun ada tanggul jebol maka luberan lumpur yang ada di dalamnya akan mengarah ke tanggul baru tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi tanggul di lokasi tersebut memang cukup mengkhawatirkan menyusul kondisi luberan lumpur yang terus mengarah ke utara dari semburan utama lumpur. “Jika tanggul tersebut tidak segera dibuat, maka bukan tidak mungkin akan mengancam wilayah yang ada di utara semburan lumpur yaitu pemukiman penduduk,” katanya.

Ia berharap, realisasi pembangunan lumpur tersebut bisa segera direalisasikan supaya warga menjadi aman dari ancaman tanggul jebol yang mungkin sewaktu-waktu bisa terjadi menyusul masuknya musim hujan seperti sekarang ini. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

18 − sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password