Seluruh Fraksi DPRD Sumbar Sepakati 18 Ranperda dalam Propem Perda 2015

Padang – Sembilan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat sepakat untuk menetapkan sebanyak 18 usulan rancangan peraturan daerah (ranperda) yang akan dituangkan dalam Rancangan Program Pembuatan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2015.

“Tadi sudah kita tetapkan 18 ranperda pada paripurna, sehingga tinggal ditindaklanjuti oleh Badan Legislasi (baleg) dan fraksi untuk menjadi Perda,” ungkap Wakil Ketua Baleg DPRD Provinsi Sumbar, Hidayat SS kepada covesia usai rapat paripurna penetapan Program Pembuatan Peraturan Daerah (Propem Perda) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2015, di Gedung DPRD Provinsi Sumbar, Senin (1/12/2014).

Hidayat menjelaskan, 18 ranperda itu terdiri atas 7 ranperda usulan baru Pemprov Sumbar, 6 ranperda Luncuran Prolegda 2014 dan 3 ranperda komulatif terbuka. Sementara ranperda yang diusulkan oleh DPRD Provinsi Sumbar sebanyak 3 buah.

“Ranperda yang diusulkan oleh DPRD Provinsi Sumbar adalah Ranperda Pengendalian dan Pengawasan Beban Maksimum Angkutan Barang dan Tertib Pemanfaatan Jalan, Ranperda Hari Lahir Provinsi Sumatera Barat dan Ranperda Ketahanan dan Ketersediaan Pangan,” jelasnya.

Hidayat yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar ini menambahkan, sesuai dengan ketentuan Peraturan Dalam Negeri tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah bahwa penyusunan prolegda antara pemerintah daerah dan DPRD dikoordinasikan oleh Badan Legislasi.

“Pengusulan 18 Ranperda itu telah didasari dengan berbagai pertimbangan logis, yuridis serta pertimbangan objektif lainnya. Penyusunan prolegda juga berdasarkan skala prioritas untuk tahun 2015 yang telah disepakati dan ditetapkan pada rapat paripurna tadi,” jelasnya.

Namun menurutnya, dalam pelaksanaan nanti tidak tertutup peluang untuk melakukan pengusulan dan pembahasan terhadap ranperda yang tidak termasuk ke dalam Program Pembuatan Peraturan Daerah, sepanjang sesuai dengan ketentuan Pasal 239 ayat (7) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (bim)

0 Comments

Leave a Comment

four × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password