Di Palembang, Ada Oknum Pejabat Terkena HIV/AIDS

Palembang – Penyakit HIV/AIDS bisa menyentuh siapa saja. Mulai dari rakyat jelata hingga pejabat sekalipun. Seperti di Palembang, Sumatera Selatan ini contohnya.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Palembang, Zailani UD mengakui memang ditemukan oknum pejabat terkena HIV, tetapi sampai kini masih bisa bekerja seperti biasa dan tidak mengganggu rutinitas.

“Hasil uji laboratorium ada oknum pejabat yang terbukti terinfeksi HIV dan tidak berbahaya bagi orang lain, kecuali istri dan anaknya,” kataZailaniketika diminta tanggapan adanya isu pejabat yang terkena HIV, di Palembang, Senin (1/12/2014).

Menurut dia, tentunya HIV/AIDS rentan terjadi pada semua kelompok masyarakat tertutama yang berpola hidup dengan prilaku tidak sehat, seperti menggunakan obat suntik dan seks bebas. Namun, sampai kini penyandang HIV/AIDS paling tinggi tetap pekerja seks komersial dan pengguna jarum suntik.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjauhkan dari segala tindakan yang berdampak pada timbulnya berbagai masalah tentunya terus dilakukan sosialisasi. “Kampanye memerangi HIV/AIDS dilaksanakan secara intensif dengan pola hidup sehat dan jauh dari prilaku menyimpang,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk melayani pemeriksaan kemungkinan terkena HIV/AIDS, di Kota Palembang terdapat 11 unit VCT yang memberikan kemudahan siapapun rentan memeriksakan diri.

Pemeriksaan HIV/AIDS dapat dilakukan pada 11 unit VCT tersebut, seperti VCT Dahlia di Puskesmas Dempo dan VCT Mawar di RK Charitas. “Setiap tahun ditemukan sedikitnya 45 kasus HIV/AIDS sejak 2012 dan sampai Agustus 2014 tercatat 760 orang dengan HIV dan 598 orang AIDS,” katanya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

10 − eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password