Paspampres Kelimpungan, Presiden Jokowi Datangi Ratusan PNS

Jakarta – Aksi spontanitas Presiden Joko Widodo kembali membuat “repot” Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada acara HUT Korps Pegawai RI (Korpri) di Silang Monas, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Informasi yang diterima covesia dari staff protokoler kepresidenan, para Paspamres kelimpungan lantaran Presiden tidak berjalan ke arah wilayah yang sudah disterilkan oleh mereka.

Jokowi malah memilih berjalan santai menuju ratusan pegawai negeri sipil (PNS) yang hadir pada acara itu.

Awalnya, sesuai dengan prosedur Paspampres telah menyiapkan lokasi di sebelah kanan tempat VIP.

Disana, Jokowi sedianya melakukan jumpa pers bersama wartawan. Sebuah garis Paspampres juga diletakkan melintang untuk membatasi area steril.

Paspampres melarang PNS maju di luar garis.

“Maaf, nanti Presiden lewat sini. Mohon berada di belakang garis,” ujar salah seorang anggota paspampres yang menegur PNS.

Setelah penampilan drumband dan paduan suara selesai, Presiden dan Ibu Negara Iriana dipersilakan meninggalkan tempat duduk VIP.

Paspampres bersiap siaga. Presiden Jokowi bersam Ibu Negara Iriana, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi kemudian berjalan meninggalkan tempat duduk VIP.

Namun, bukannya berbelok ke kanan sesuai dengan arahan Paspampres yang berjalan bersama, Jokowi justru memilih berjalan lurus ke arah PNS berbaris yang jaraknya sekitar 100 meter.

Melihat gerak-gerik Jokowi itu, ratusan PNS dari sisi kanan kiri kemudian berhamburan tak beraturan ke arah Jokowi.

Paspampres yang tak membuat barikade di sisi kanan-kiri langsung bingung.

Mereka berhamburan dari segala sisi untuk membatasi massa yang berebut menyalami dan berfoto dengan Jokowi.

Komandan Paspampres, Brigjen Andika Perkasa bahkan tak sempat lagi berkoordinasi melalui handy talky (HT) dengan anggotanya. Andika sontak melambaikan tangannya ke arah anggota Paspampres untuk meminta bantuan pengamanan.

Biro Pers yang semula berjaga di sisi wartawan akhirnya turun tangan untuk membantu menghalau massa yang semuanya berseragam sama dengan Jokowi, yakni seragam batik biru milik Korps Pegawai RI.

Meski telah membuat banyak petugas pengamanan kelimpungan karena diluar prakiraan mereka, Jokowi tampak santai dan tersenyum meladeni satu per satu permintaan berfoto dari ratusan PNS yang hadir memadati kawasan Silang Monas, Jakarta.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

15 − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password