Bantuan dari Pemprov Sumbar Mulai Turun

Pasaman Barat – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menerima bantuan dari pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), untuk diserahkan kepada korban banjir. Bantuan itu berupa beras sebanyak 1,7 ton ditambah 50 kardus mie instan.

“Saat ini kita masih menunggu bantuan beras sekitar 15 ton lagi dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar yang direncanakan sampai Kamis lusa,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pasaman Barat, Yunadi ketika dikonfirmasi covesia, Senin (1/12/2014).

Yunadi menjelaskan, pihaknya belum menghitung berapa kebutuhan bantuan untuk korban banjir saat ini. Karena bantuan itu tergantung kepada jumlah korban yang terkena dampak banjir.

Data sementara jumlah rumah warga yang terendam banjir seminggu terakhir sekitar 1.534 unit rumah. Banjir tersebut terjadi di tujuh kejorongan dalam empat kecamatan di kabupaten itu.

Pantau covesia, Senin siang curah hujan di Kabupaten Pasaman Barat masih tinggi. Hujan turun sejak pagi sampai sore hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat terus menghimbau masyarakat yang berada di kawasan aliran sungai dan perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan terkait curah hujan yang tinggi.

“Kewaspadaan harus ditingkatkan karena curah hujan yang tinggi selalu mengakibatkan timbulnya bahaya banjir dan longsor,” kata Sekretaris BPBD Pasaman Barat, Tri Wahluyo.

Daerah yang berpotensi terjadinya bencana banjir di Pasaman Barat diantaranya, Kecamatan Pasaman meliputi Jorong Labuah Luruih, Pasie Bintungan, Durian Hutan dan Batang Umpai. Jorong Maligi Kecamatan Sasak dan Jorong Sikabau Kecamatan Koto Balingka.

Kemudian Kecamatan Lembah Melintang meliputi Jorong Koto Sawah, Ranah Salido dan Sumba. Kecamatan Ranah Batahan meliputi Jorong Tamiang dan Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh. Sedangkan daerah yang berpotensi longsor yakni Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh dan Jorong Paroman Kecamatan Talamau. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

three × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password